Tutorial

Mengenal Jenis Pembayaran Digital dan Manfaatnya untuk Bisnis

Tukar Pulsa – Pembayaran digital menjadi sebuah metode transaksi yang erat kaitannya dengan bisnis teknologi modern, seperti halnya online shop, dan yang lainnya. Pembayaran digital atau yang disebut dengan pembayaran elektronik atau online ialah platform berbasis teknologi digital yang menjadi jembatan untuk proses transaksi keuangan secara non-tunai, baik itu ke merchant offline ataupun online.

Disamping itu, dalam proses pembayaran digital juga akan dilakukan proses transfer nilai dari satu akun pembayaran ke yang lainnya dengan menggunakan sebuah perangkat digital seperti ponsel atau komunikasi digital seperti data nirkabel maupun komputer.

Biasanya sistem tersebut juga akan terintegrasi ke platform pembayaran bisnis, misalnya aplikasi invoice online yang mana akan memberikan banyak manfaat dalam memudahkan bisnis di dalam perusahaan.

Jenis Pembayaran Digital di Indonesia

Di Indonesia sendiri ada berbagai jenis pembayaran digital yang dapat digunakan. Berikut beberapa jenis pembayaran digital yang perlu diketahui:

Kartu Perbankan

Kartu Perbankan menjadi alat pembayaran digital yang sejak dulu banyak dipakai oleh orang Indonesia. Kartu yang sering digunakan seperti kartu debit atau kredit yang menjadi alternatif pembayaran tunai. Metode pembayaran digital yang satu ini telah ada sejak tahun 80-an.

E-Wallet atau Dompet Digital

Kemudian ada dompet digital atau E-Wallet, yang merupakan jenis dompet yang mana Anda dapat membawa uang dalam format digital. Kini ada banyak sekali bank yang meluncurkan dompet digital versi mereka sendiri. Disamping dari perbankan juga, beberapa perusahaan swasta juga telah meluncurkan dompet digital mereka, misalnya GoPay, OVO, DANA, dan lain sebagainya.

Baca Juga:  Apa Kemudahan yang Didapat Saat Melakukan Convert Pulsa di Tukar.co.id?

QRIS

QRIS atau Quick Response Code Indonesian Standard ialah penyatuan dari berbagai macam QR yang berasal dari berbagai penyelenggara sistem pembayaran yang memakai QR Code. Metode pembayaran tersebut hadir serta dikembangkan industri sistem pembayaran bersama dengan Bank Indonesia supaya proses transaksi bisa dilakukan dengan mudah dan cepat.

Mobile Banking

Mobile Banking merupakan jenis transaksi dan aktivitas perbankan lainnya yang dilakukan melalui perangkat seluler. Pada umumnya transaksi tersebut dilakukan dengan aplikasi seluler bank. Sebagian besar bank menghadirkan aplikasi mobile banking yang bisa digunakan pada ponsel maupun tablet.

Baca Juga: Cara Convert Pulsa ke DANA Mudah dan Praktis

Mobile banking memberikan berbagai manfaat didalam bertransaksi. Segala bentuk transaksi seperti hanlnya IMPS, NEFT, RTGS, IMPS, investasi, dan yang lainnya tersedia di satu aplikasi mobile banking.

Micro ATM

Micro ATM ialah sebuah perangkat business correspondents yang mampu memberikan layanan perbankan penting untuk para nasabah. Mereka yang memakai perangkat ini memungkinkan untuk mentransfer uang melalui rekening bank yang telah tertaut, dan pengguna hanya tinggal mengautentikasi sidik jari saja.

Internet Banking

Internet Banking atau yang disingkat dengan e-banking ialah sebuah metode pembayaran yang memungkinkan nasabah melakukan transaksi melalui situs web bank.

Virtual Account (VA)

Virtual Account ialah sebuah akun rekening bank virtual yang dipakai untuk mengidentifikasi serta menerima pembayaran. Dengan cara memasukkan kode unik dari Virtual Account ke akun bank pembeli maka informasi rincian pembayaran bisa diakses.

Manfaat Pembayaran Digital untuk Bisnis

Manfaat yang dapat dirasakan dengan menggunakan metode pembayaran digital untuk bisnis, salah satunya ialah kemudahan dalam penyimpanan uang serta mengelola cash flow sebab semuanya akan tercatat serba digital secara otomatis. Memanfaatkan pembayaran digital bisa menghindari risiko klasik misalnya kembalian atau kesalahan dalam perhitungan.

Baca Juga:  Mudah dan Praktis: Memanfaatkan Platform Digital untuk Peluang Bisnis Kamu

Dengan demikian terbukanya semua bentuk pembayaran untuk keperluan bisnis atau jual beli apapun, Anda juga harus masuk ke dalam metode yang satu ini, yaitu pembayaran secara digital. Tidak hanya melalui dompet digital secara tetapi juga melalui pembayaran via pulsa seluler. Sebab saat ini pembayaran melalui pulsa sudah sangat mudah, cepat, dan nyaman.

Apalagi saat ini juga semakin mudah untuk melakukan tukar pulsa ke saldo dompet digital Anda seperti DANA, ShopeePay, OVO, GoPay, dan juga LinkAja. Tukar.co.id memudahkan dan menyederhanakan prosesnya tanpa keribetan serta tidak memerlukan konfirmasi apapun. Prosesnya juga sangat cepat hanya dalam beberapa detik saja serta menawarkan rate tinggi paling update setiap hari. Hubungi kami sekarang juga dan nikmati kemudahan transaksinya dengan proses otomatis 24 jam non stop!