Tutorial

eSIM, Teknologi Kartu SIM Masa Depan, Pelajari Dulu Sebelum Ganti

Tukar Pulsa – eSIM atau Embedded Subscriber Identity Module memang tengah banyak dibicarakan akhir-akhir ini sebab diklaim sebagai kartu SIM masa depan yang bisa menggantikan peran dari kartu SIM reguler. Lantas, apa sebenarnya eSIM dan apa perbedaannya dari SIM reguler?

Mengenal eSIM

eSIM atau Embedded SIM Card menjadi kartu SIM dengan terobosan baru. Apabila dibandingkan dengan kartu SIM sebelumnya, eSIM mempunyai beragam perbedaan. Seperti yang diketahui, kartu SIM sebelumnya mempunyai tiga ukuran, yaotu ukuran nano, ukuran mikro dan juga ukuran standar. Berbeda dari Embedded SIM Card, yang mana tidak mempunyai ukuran atau bentuk fisik seperti kartu SIM yang biasa Anda gunakan.

eSIM telah terhubung secara langsung dan juga terintegrasi sebagai modul ke smartphone. Ini berarti, Anda hanya perlu memindai kode batang atau barcode jika ingin mengaktifkannya. Untuk para traveller atau wisatawan, eSIM bisa dijadikan sebagai pilihan alternatif yang sangat menguntungkan. Pasalnya, Anda perlu lagi mengantri untuk membeli kartu SIM lokal di negara tujuan. Disamping itu, memberikan fasilitas untuk pengguna yang dibatasi dengan bahasa layanan pelanggan di negara tujuan.

Manfaat eSIM

Teknologi yang semakin berkembang tentunya mampu memberikan banyak manfaat unyuk kehidupan manusia. Begitu juga dengan kehadiran Embedded SIM Card yang mampu memberikan berbagai macam kemudahan.

eSIM yang terpasang di HP tidak mudah terlepas. Hal tersebut tentu akan memberikan rasa aman pada setiap penggunanya sebab mereka tidak perlu lagi merasa khawatir akan kehilangan kartu SIM, terutama ketika terjadi kecelakaan atau pencurian, eSIM dapat melacak lokasi HP penggunanya.

Manfaat Embedded SIM Card berikutnya ialah mampu mempercepat proses pembelian nomor. Melalui penggunaan eSIM, Anda tidak perlu antri panjang untuk memperoleh nomor. Pasalnya, Anda hanya perlu memindai barcode yang sudah tersedia tanpa perlu pergi ke toko ataupun menunggu kartu SIM untuk dikirim.

Disamping itu, Embedded SIM Card tidak mempunyai bentuk fisik sehingga akan lebih awet dan juga tahan lama. Pada umumnya, kartu SIM dalam bentuk fisik memang rentan rusak atau hilang. Ketika kartu SIM rusak atau hilang Anda perlu mengganti serta mengaktifkannya kembali dengan nomor yang baru. Untuk yang yang tidak suka bergonta-ganti nomor, tentu hal tersebut akan cukup merepotkan. Dengan eSIM Anda dapat menggunakan satu nomor yang sama untuk jangka panjang.

Baca Juga: 5 Fakta Penting DANA yang Jarang Diketahui

Embedded SIM Card bisa menyimpan nomor kontak ke dalam sistem cloud yang sudah disediakan. Dikarenakan terhubung secara langsung ke sistem cloud, tidak akan membuat kapasitas penyimpanan smartphone cepat penuh. Saat pengguna ingin berganti ke smartphone yang baru maka bisa langsung mengunduh data yang ada pada sistem cloud secara aman dan praktis.

Perbedaan eSIM dan SIM Card

Lantas apa perbedaan antara eSIM dan SIM Card? Berikut beberapa perbedaan yang perlu diketahui:

  1. Apabila dibandingkan dengan SIM Card, eSIM mempunyai banyak keunggulan. Seperti yang sebelumnya disebutkan jika eSIM telah tertanam kuat secara otomatis dalam smartphone. Jadi aNDA tidak perlu membeli SIM Card lagi secara terpisah.
  2. eSIM mempunyai biaya yang lebih hemat dibandingkan SIM Card. Embedded SIM Card memungkinkan provider dalam mengurangi biaya produksi ataupun distribusi SIM Card. Anda juga tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk membeli SIM Card yang baru.
  3. eSIM bisa memastikan keamanan data pengguna lebih terjaga. Keamanan data dapat ditingkatkan dengan cara memperkuat enkripsi. Hasilnya, data dari pengguna eSIM menjadi lebih privasi dan juga tidak perlu khawatir dengan kebocoran data yang mungkin dilakukan oleh pihak tidak bertanggung jawab.

Dengan demikian terbukanya semua bentuk pembayaran untuk keperluan bisnis atau jual beli apapun, Anda juga harus masuk ke dalam metode yang satu ini, yaitu pembayaran secara digital. Tidak hanya melalui dompet digital secara tetapi juga melalui pembayaran via pulsa seluler. Sebab saat ini pembayaran melalui pulsa sudah sangat mudah, cepat, dan nyaman.

Apalagi saat ini juga semakin mudah untuk melakukan tukar pulsa ke saldo dompet digital Anda seperti DANA, ShopeePay, OVO, GoPay, dan juga LinkAja. Tukar.co.id memudahkan dan menyederhanakan prosesnya tanpa keribetan serta tidak memerlukan konfirmasi apapun. Prosesnya juga sangat cepat hanya dalam beberapa detik saja serta menawarkan rate tinggi paling update setiap hari. Hubungi kami sekarang juga dan nikmati kemudahan transaksinya dengan proses otomatis 24 jam non stop!