Tutorial

Convert Pulsa Sebagai Alternatif Uang Tunai dalam Perspektif Islam

Convert adalah makna dari kata mengubah, jika digabungkan, makna dari convert atau tukar pulsa adalah mengubah pulsa. Artinya anda dapat mengubah pulsa reguler anda menjadi uang tunai atau uang digital. Jadi tidak perlu khawatir karena pulsa yang anda miliki tidak akan terbuang cuma-cuma dan akan tetap bisa dimanfaatkan.

Jika kita lihat dalam Islam convert pulsa ini merupakan upah/jasa dari saldo yang diubah menjadi uang digital/uang tunai. Terkait hal itu dalam islam sendiri jasa/upah menjadi hal yang telah diperbolehkan asalkan didalam transaksi tersebut tidak ada unsur-unsur yang menentang pada syariat Islam seperti, adanya unsur penipuan dan tidak terdapat kejelasan di dalam transaksi.

Pada penyediaan jasa convert pulsa mereka memberikan bermacam-macam pilihan dalam convert. seperti, dalam dompet digital DANA, OVO, dan pada rekening Bank seperti, Bank BRI, BNI, Mandiri. Jika kita biasanya melakukan transfer antar bank atau antar dompet digital dikenakan biaya admin, maka saat melakukan convert pulsa terdapat penawaran rate, rate yang biasanya ditawarkan paling tinggi hingga 1:0,90.

Hal bisa dikatakan wajar karena jika kita melakukan transfer, pulsa yang akan kita transfer tidak memiliki masa tenggang ataupun bonus. Sehingga, untuk saat ini, banyak sekali orang-orang yang menggunakan jasa convert pulsa, untuk menukar pulsa agar dapat menjadi uang tunai dan dimanfaatkan.

Sebagian besar orang menukar pulsa menjadi uang tunai, berdasarkan dengan kebutuhan sehari-harinya, yang akhirnya terjadi kegiatan jual beli. Jual beli itu sendiri, merupakan tindakan yang telah disyariatkan oleh islam, memiliki hukum yang jelas dan hukumnya boleh. Transaksi jual beli online pada masa saat ini tidak hanya memasarkan barang saja, namun juga jasa, seperti jasa convert pulsa, didalam hukum pada jual beli, memiliki akad yang merupakan satu rukun dari dilakukanya jual beli, jika akad ditinggalkan maka, transaksi jual beli yang dilakukan tidak sah.

Baca Juga:  Cara Convert Pulsa ke DANA Mudah dan Praktis

Dalam praktik jasa convert, mereka hanya berperan sebagai media yang digunakan untuk menukarkan pulsa menjadi uang tunai dengan cara yang lebih mudah dan singkat, dari pihak jasa convert mereka akan mengambil keuntungan dari besarnya jumlah persentase dari harga pulsa yang akan diubah menjadi uang tunai/uang digital. Tukar pulsa akan menjadi terobosan yang berguna bagi masyarakat, sisa pulsa yang sudah tidak digunakan dapat dimanfaatkan menjadi tunai untuk membayar e-commerce.

Baca Juga: Jika Anda Ingin Memperkuat Sinyal WiFi: Berikut Tips yang Jarang Diketahui

Lalu, Apa Hukum dari Jasa Convert yang Tersedia Tersebut?

Hukum kebolehan yang terdapat pada jasa telah disandarkan atas hadis Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Ahad Dawud dan Al- Hakim. Rasulullah bersabda: Muamalah orang muslim sesuai dengan syarat mereka. apa yang telah dikemukakan dalam hadits beriringan atas dasar prinsip hukum perjanjian yaitu kebebasan berkontrak.

Dalam perspektif Islam kegiatan muamalah dalam islam dituntut untuk menawarkan sesuatu yang harus bermanfaat untuk umat manusia, yang tidak hanya memikirkan keuntungan dari salah satu pihak. Dalam hal ini kegiatan penyediaan jasa convert pulsa dalam islam dapat diperbolehkan karena belum ada sebab yang nas yang menentang terkait jasa convert tersebut.

Terdapat rukun serta dasar hukum akad yang ada dalam islam, selain hal itu penggunaan dari jasa convert pulsa  yang akan ditukarkan menjadi uang ini terbukti dapat membuat perkembangan sistem transaksi pembayaran dipermudah dan dapat dilakukan oleh semua kalangan manusia.

Dengan demikian terbukanya semua bentuk pembayaran untuk keperluan bisnis atau jual beli apapun, Anda juga harus masuk ke dalam metode yang satu ini, yaitu pembayaran secara digital. Tidak hanya melalui dompet digital secara tetapi juga melalui pembayaran via pulsa seluler. Sebab saat ini pembayaran melalui pulsa sudah sangat mudah, cepat, dan nyaman.

Baca Juga:  Tips Memilih Jasa Convert Pulsa Aman dan Terpercaya

Apalagi saat ini juga semakin mudah untuk melakukan tukar pulsa ke saldo dompet digital Anda seperti DANA, Shopee Pay, OVO, GoPay, dan juga LinkAja. Tukar.co.id memudahkan dan menyederhanakan prosesnya tanpa keribetan serta tidak memerlukan konfirmasi apapun. Prosesnya juga sangat cepat hanya dalam beberapa detik saja serta menawarkan rate tinggi paling update setiap hari. Hubungi kami sekarang juga dan nikmati kemudahan transaksinya dengan proses otomatis 24 jam non stop!